Rabu, 04 Juli 2012

Hama Vertebrata Pada Tanaman Perkebunan

         HAMA VERTEBRATA PADA TANAMAN PERKEBUNAN

        Laju konversi hutan alam yang cukup tinggi menjadi kebun karet, perkebunan sawit, dan daerah transmigrasi, bertepatan dengan periode ketika vertebrata (gajah, babi hutan, monyet, tikus, landak, dll) menjadi hama serius bagi tanaman perkebunan. Konversi hutan turut mendorong perpindahan/migrasi binatang vertebrata ke habitat tanaman perkebunan, dan punahnya predator alami akibat konversi hutan dan aktivitas manusia di daerah hutan setelah ditebang-pilih menyebabkan populasi dan serangan hama vertebrata pada tanaman perebunan meningkat. Ekosistem kebun juga memberikan daya dukung yang baik terhadap perkembangan satwa liar, seperti gajah, babi hutan, landak, dll dan ekosistem ini dimanfaatkan hama vertebrata sebagai sumber makanan, tempat berlindung, beristirahat dan berkembang biak.
Pada budidaya tanaman umumnya, Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) merupakan salah satu kendala yang perlu diperhatikan dan ditanggulangi. Perkembangan serangan OPT yang tidak dapat dikendalikan, akan berdampak kepada timbulnya masalah-masalah lain yang bersifat sosial, ekonomi, dan ekologi. Ada beberapa jenis OPT, yaitu berupa hama, yang menjadi faktor pembatas yang penting terutama karena dapat menurunkan kuantitas dan kualitas hasil produksi. Serangan OPT dapat terjadi sejak di pertanaman sampai penyimpanan dan sebagai akibat dari penerapan teknik budidaya yang belum memadai, mengakibatkan rendahnya produktivitas dan mutu hasil sehingga belum dapat memenuhi sasaran yang ditetapkan.
         Hama Vertebrata merupakan salah satu hama penting pengganggu tanaman perkebunan di Indonesia. Serangannya dapat mengakibatkan kehilangan hasil tanaman perkebunan yang cukup tinggi dan pada beberapa jenis hama, kerusakan besar dapat terjadi dalam waktu yang sangat singkat sehingga dapat mengakibatkan kerugian ekonomi bagi petani. Taksonomi Hama Vertebrata adalah:
Kingdom Animalia
Filum Chordata
Sub Filum Vertebrata (Craniata)
Kelas Chondrichtyes
Kelas Osteichthyes
Kelas Amphibia
Kelas Reptilia
Kelas Aves
Kelas Mammalia (yang sering menjadi hama)
        Hama vertebrata sendiri adalah hewan bertulang belakang (vertebrae), memiliki tengkorak (cranium), Otak ke arah posterior sumsum tulang belakang, Jantung 2, 3, 4 ruangan, Celah insang di daerah faring (paru-paru atau insang).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar